Panduan Tes Kompetensi Dasar (TKD) Seleksi CPNS - Cari Aja Disini

Panduan Tes Kompetensi Dasar (TKD) Seleksi CPNS

Panduan Tes Kompetensi Dasar (TKD) Seleksi CPNS

Pada artikel ini kita akan membahas apa sih Tes Kompetensi Dasar (TKD) itu, dan bagaimana mempersiapkan diri untuk menghadapi tes tersebut dalam proses seleksi CPNS nanti.

Soal Tes Kompetensi Dasar (TKD) CAT CPNS dibuat oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang terdiri dari tiga bidang pengujian, yaitu Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Rekomendasi Belajar:
Pembahasan Soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP)
Pembahasan Soal Tes Intelegensi Umum (TIU)
Pembahasan Soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Panduan Tes Kompetensi Dasar (TKD) Seleksi CPNS

Materi Ujian tes Kompetensi Dasar (TKD)


Berdasarkan Permen PANRB No 29/2014, kisi-kisi soal tes CPNS yang diterapkan dalam CAT memiliki susunan sebagai berikut:

1. Tes Kompetensi Dasar (TKD)
  • Tes 1 terdiri atas 35 soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP)
  • Tes 2 terdiri atas 30 soal Tes Intelegensi Umum (TIU)
  • Tes 3 terdiri atas 35 soal Tes Wawasab Kebangsaan (TWK)
2. Tes Kompetensi Bidang (TKB)

Peserta yang memenuhi passing grade dan dinyatakan lulus Tes Kompetensi Dasar (TKD), selanjutnya berhak mengikuti Tes Kompetensi Bidang (TKB). Namun ada beberapa instansi dan jurusan tertentu yang tidak memerlukan TKB. Artinya setelah lulus Tes Kompetensi Dasar maka berarti lulus tes CPNS. Tes Kompetensi Dasar (TKD) merupakan bagian penting agar lolos CPNS yang perlu dipersiapkan sebaik mungkin.

Panduan Tes Kompetensi Dasar (TKD) Seleksi CPNS


Rumpun Tes Kompetensi Dasar (TKD)


Tes Kompetensi Dasar (TKD) Terdiri dari tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Ada beberapa aspek karakteristik pribadi yang diuji di dalam TKP, seperti integritas diri, kejujuran, tanggung jawab, kemampuan untuk beradaptasi, pengendalian diri, semangat untuk terus berprestasi, tingkat inisiatif, daya kreativitas dan inovasi, ketekunan, penghargaan terhadap orang lain atau berorientasi pada pelayanan dan sebagainya.

Pada Tes Intelegensi Umum terdapat 4 (empat) kemampuan penalaran yang diujikan, yaitu penalaran verbal, numerik, logika dan analisis. Penalaran verbal digunakan untuk mengukur kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tertulis.

Penalaran numerik digunakan untuk mengukur kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan di antara angka-angka.

Adapun penalaran logika digunakan untuk mengukur kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematik.

Sementara Penalaran analisis digunakan untuk mengukur kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.

Bagian terakhir dari Tes Kompetensi Dasar (TKD) adalah Tes Wawasan Kebangsaab (TWK) yang berisi pemahaman dalam berbangsa dan bernegara. Terdapat beberapa kompetensi dasar yang diujikan, seperti pancasila, undang-undang dasar 1945, bhineka tunggal ika dan negara kesatian republik indonesia.

Penegetahuan tentang negara yang dimaksud meliputi sistem tata negara indonesia, baik pemerintahan pusat maupun daerah, sejarah perjuangan bangsa, peranan bangsa indonesia dalam tatanan regional maupun global, serta kemampuan berbahasa indonesia secara baik dan benar.

 Panduan Tes Kompetensi Dasar (TKD) Seleksi CPNS


Sistem Kelulusan


1. Kelulusan seleksi administrasi:
  • Kualifikasi pendidikan Dokter spesialis, Dokter Umum dan Sarjana S1 didasarkan pada hasil verifikasi dokumen yang telah diunggah dan kelulusan seleksi administrasi akan diumumkan oleh panitia. Bagi pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi wajib mencetak kartu peserta ujian.
  • Kualifikasi pendidikan Diploma III (D3) dan SMA atau sederajat didasarkan pada hasil verifikasi dokumen, Bagi pelamar yang dinyatakan lulus verifikasi dokumen wajib melakukan verifikasi dokumen asli melalui PO BOX dan melakukan pengukuran tinggi badan. Hanya pelamar yang lulus verifikasi dokumen dan pengukuran tinggi badan yang mendapatkan kartu peserta ujian dan dapat mengikuti Tes Kompetensi Dasar (TKD)
2. Kelulusan Tes Kompetensi Dasar (TKD) didasarkan pada nilai passing grade yang di atur dalam peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB)

3. Kelulusan Tes Kompetensi Bidang (TKB) adalah peserta yang lulus Tes Kompetensi Dasar dan secara peringkat tidak melebihi 3 (tiga) kali alokasi formasi yang dibutuhkan pada jabatan dalam satu wilayah

4. Dan pertimbangan peluang kelulusan, terhadap peserta yang mendaftar pada jabatan Penjaga Tahanan dan Pemeriksa Kemigrasian yang telah lulus TKD di satu wilayah diberikan kesempatan untuk berpindah kewilayah lain yang kuota formasinya belum terpenuhi, kecuali untuk wilayah Papua dan Papua Barat. Jumlah peseta yang dimungkinkan melakukan pindah lokasi untuk mengikuti Tes Kompetensi Bidang tidak melebihi 20% dari kuota formasi yang ada diwilayah tersebut.

5. Kelulusan akhir ditentukan berdasarkan hasil integrasi Tes Kompetensi Dasar dan Tes Kompetensi Bidang yang di atur dalam peraturan menteri PAN RB.

Baca Juga: Syarat Pendaftaran CPNS 2019 Lulusan SMA SMK SLTA

Belum ada Komentar untuk "Panduan Tes Kompetensi Dasar (TKD) Seleksi CPNS"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel