Contoh Soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP) Part 2 - Cari Aja Disini

Contoh Soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP) Part 2


Contoh Soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP) Part 2

Pada artikel kali ini kita akan melanjutkan pembahasan mengenai contoh soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP) seleksi CPNS. Di artikel sebelumnya sudah diberikan 10 contoh soal beserta pembahasannya.

Bagi kamu yang belum mengikuti contoh soal part 1, silahkan buka melalui link  berikut Contoh Soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP) Beserta Pembahasan. Agar temen-temen mudah mengikuti latihan soal yang selanjutnya.

Pada pembahasan selanjutnya juga sudah dijelaskan apa itu Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dan cara penilaian dari setiap jawaban dari tiap soal yang diberikan. Oke sebelum kita melanjutkan latihan soal selanjutnya, jangan lupa berdoa dulu ya :).

Lanjutan Contoh Soal TKP (Tes Karakteristik Pribadi)


Contoh Soal Tes Karakteristik Pribadi

Contoh Soal Tes Karakteristik Pribadi

Contoh Soal Tes Karakteristik Pribadi

Contoh Soal Tes Karakteristik Pribadi

Contoh Soal Tes Karakteristik Pribadi

Contoh Soal Tes Karakteristik Pribadi

Contoh Soal Tes Karakteristik Pribadi

Contoh Soal Tes Karakteristik Pribadi

Contoh Soal Tes Karakteristik Pribadi

Contoh Soal Tes Karakteristik Pribadi

Pembahasan Jawaban


11. Jawaban: B

Pembahasan:
A. Terkasang kita meminta bantuan dari pihak lain disaat usaha yang dilakukan sendiri belum membuahkan hasil. Namun, yang perlu dilakukan adalah meminta bantuan pada orang yang ahli dibidang yang kita perlu bantuannya. Bantuan yang diberikan tentunya tanpa pamrih. (Skor 4)
B. Sikap terbaik yang harus dilakukan. (Skor 5)
C. Hanya sebatas mencari tahu siapa penyebabnya namun tidak memiliki langkah atau solusi yang konkret juga tidak akan mengubah keadaan. (Skor 2)
D. Perlu waktu untuk menenangkan diri adalah wajar, dan menyikapi kegagalan sebagai kesuksesan yang tertunda. Daripada berprasangka buruk terhadap orang lain atau menarik diri dari pergaulan maka akan lebih baik jika waktu yang dihabiskan untuk menenangkan diri digunakan untuk introspeksi diri. (Skor 3)
E. Bersedih hati adalah wajar, namun jika berlarut-larut maka akan menjauhkan kita dari keinginan untuk maju. (Skor 1)

12. Jawaban: A

Pembahasan:
A. Menunjukan tingkat inisiatif tinggi. (Skor 5)
B. Menunjukan sikap pasif tanpa inisiatif. (Skor 1)
C. Menunjukan sifat inisiatif kurang karena perlu paksaan dari pimpinan. (Skor 4)
D. Mengajukan ide pada dasarnya tidak pernah ada salah sehingga tidak perlu terlalu banyak pertimbangan. Jika terlalu banyak pertimbangan maka pada akhirnya tidak ada ide yang dilontarkan. (Skor 3)
E. Mengajukan ide pada dasarnya tidak pernah salah sehingga tidak perlu ragu meskipun nantinya ide tersebut belum tentu diterima. (Skor 2)

13. Jawaban: D

Pembahasan:
A. Kecewa adalah hal yang wajar dan memanfaatkan kedekatan dengan atsan untuk alasan apapun tidak bisa dibenarkan. (Skor 1)
B. Kecewa adalah hal yang wajar sehingga sikapi penolakan tersebut sewajarnya, tidak perlu berlebihan sampai menganggap ahl tersebut adalah kejadian yang memalukan. (Skor 2)
C. Usulan yang disampaikan tidak harus diterima oleh forum. Adanya penolakan adalah wajar. Mengemukakan alasan atau pembenaran atas usulan juga hal yang wajar. Namun bersikeras agar tetap diterima adalah hal yang keluru. (Skor 3)
D. Dengan mencari alternaif usulan yang lain maka akan melatih diri untuk lebih kreatif dalam memunculkan inovasi. (Skor 5)
E. Perlu disikapi bahwa penolakan adalah ujian agar anda lebih kreatf lagi dalam memberikan usulan yang inovatif. (Skor 4)

14. Jawaban: C

Pembahasan:
A. Menunjukan pribadi yang tekun. (Skor 4)
B. Istirahat diperlukan disela-sela jam kerja, namun ada waktu istirahat yang sudah ditentukan oleh kantor. (Skor 3)
C. Menunjukan pribadi yang tekun bekerja, teliti dan bertanggung jawab. (Skor 5)
D. Urusan pribadi sebaiknya dikerjakan diluar jam kerja, temtunya dengan tidak menggunakan fasilitas kantor. (Skor 1)
E. Update berita adalah hal yang wajar, namun sebaiknya tidak dilakukan pada saat jam kerja. (Skor 2)

15. Jawaban: A

Pembahasan:
A. Menunjukan anda memiliki ketekunan dalam melakukan pekerjaan rutin, maka jangan menyombongkan diri bahwa anda satu-satunya orang yang rajin, tetap pertahankan kinerja atau lebih baik lagi. (Skor 5)
B. Mendapat penilaian kurang tekun dalam bentuk apapun oleh rekan kerja merupakan peringatan awal bahwa anda harus memperbaiki diri. (Skor 1)
C. Mendapat penilaian tekun oleh rekan kerja artinya sudah baik, setelah itu tingkatkan lagi kecepatan dalam menyelesaikan pekerjaan rutin. (Skor 4)
D. Bosan dan jengkel dengan pekerjaan yang diluar kebiasaan akan berangsur pudar ketika anda mengerjakannya secara rutin dan tekun. (Skor 3)
E. Sikap sering marah kurang tepat apalagi saat pekerjaan tidak beres, sebaiknya lakukan evaluasi menyeluruh daripada mesti marah-marah. (Skor 2)

16. Jawaban: A

Pembahasan:
A. Tindakan paling tepat sebagai pimpinan rapat, yaitu menghargai pendapat orang lain. (Skor 5)
B. Apabila pendapat yang dikemukakan adalah pendapat yang bagus, tepat, efektif dan efisien dengan alasan yang mendasar maka perlu dipertahankan. Namun tidak perlu sampai memanfaatkan posisi selaku pimpinan rapat. (Skor 1)
C. Perbedaan pendapat perlu disikapi dengan wajar. (Skor 4)
D. Mengingatkan anggota adalah hal yang wajar dalam hal jika ada sesuatu yang dilanggar, bukan dalam hal karena berbeda pendapat. (Skor 2)
E. Pelu dipahami bahwa menanyakan alasan mengapa berbeda pendapat sangat diperlukan dalam hal menggali informasi, namun hal ini semestinya disampaikan dengan cara yang baik. (Skor 3)

17. Jawaban: C

Pembahasan:
A. Perlu dipahami bahwa pujian adalah bentuk dari menghargai orang lain, dan disampaikan dengan cara yang proporsional sehingga rekan kerja tidak menjadi sombong. (Skor 3)
B. Perlu dipahami bahwa memuji atau menghargai orang lain tidak akan menjadikan anda lebih rendah dibandingkan orang tersebut. (Skor 2)
C. Menunjukan menghargai orang lain. (Skor 5)
D. Menunjukan tindakan menghargai orang lain, namun caranya terlalu berlebihan. (Skor 4)
E. Menunjukan tindakan tidak menghargai orang lain. (Skor 1)

18. Jawaban: E

Pembahasan:
A. Penolakan perlu disampaikan dengan cara yang baik. (Skor 4)
B. Menunjukan sikap tidak memiliki ketegasan. (Skor 3)
C. Menunjukan sikap memiliki ketegasan, alasan karena yang memberi perintah adalah alasan tidak dapat dibenarkan. (Skor 1)
D. Menunjukan sikap tidak memiliki ketegasan, alasan karier tidak bisa dibenarkan. (Skor 2)
E. Menunjukan sikap ketegasan dan memiliki prinsip. (Skor 5)

19. Jawaban: A

Pembahasan:
A. Menunjukan sikap percaya diri. (Skor 5)
B. Perlu dipahami bahwa kecemasan disikapi secara wajar. (Skor 2)
C. Menunjukan sikap percaya diri yang berlebihan sehingga bisa mengarah ke sikap sombong. (Skor 4)
D. Menunjukan sikap kurang percaya diri dan kurang peresiapan yang baik apabila dihadapkan dengan suatu kendala. (Skor 3)
E. Menunjukan sikap tidak percaya diri. (Skor 1)

20. Jawaban: C

Pembahasan:
A. Menunjukan sikap tidak percaya diri. (Skor 1)
B. Perlu diwaspadai karen apabila rencana kerja tidak berjalan sebagaimana mestinya maka akan cenderung mencari kambing hitam sebagai penyebabnya. (Skor 2)
C. Menunjukan sikap percaya diri. (Skor 5)
D. Menunjukan sikap percaya diri, namun berlebihan. (Skor 4)
E. Menunjukan sikap percaya diri dengan mempertimbangkan orang lain, namun perlu dipahami bahwa banyak pendapat yang dikemukakan disikapi sebagai alternatif rencana. (Skor 3)

Nah itu tadi 10 latihan soal Tes Karekteristik Pribadi (TKP) lanjutan, selanjutnya untuk soal berikutnya akan bahas pada artikel part 3.

Selanjutnya: Contoh Soal Tes Karakteristik Pribdai (TKP) Part 3

Baca juga:
Cek Formasi CPNS 2019 Pemerintah Pusat, Kabupaten, Kota Dan Provinsi
CPNS Resmi Dibuka, Ini Alur Pendaftaran Beserta Persyaratan
Rincian Gaji CPNS 2019, yakin gak mau jadi ASN?

Jangan lupa bagikan artikel ini ya!

Berikan pendapatmu tentang artikel ini

Notification
Ini adalah popup notifikasi.
Done