Contoh Soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP) Lengkap Beserta Jawabannya - Cari Aja Disini

Contoh Soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP) Lengkap Beserta Jawabannya


Contoh Soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP)


Tes Karakteristik Pribadi (TKP) digunakan untuk mengukur karakter keseharian peserta seleksi Calon Pegawai Negri Sipil (CPNS) yang berkaitan dengan kultur lingkungan kerja kepegawaian PNS dalam pelayanan publik di berbagai lini pemerintahan seperti kementrian, lembaga nasional, maupun pemerintah daerah tingkat I dan II.

Ada beberapa aspek karakteristik pribadi yang diuji di TKP, seperti integritas diri, kejujuran, tanggung jawab, kemampuan untuk beradaptasi, pengendalian diri, semnagat untuk terus berprestasi, tingkat inisiatif, daya kreativitas dan inovasi, ketekunan, penghargaan terhadap orang lain atau berorientasi pada pelayanan, ketegasan, kepercayaan diri, mampu bertoleransi, memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan senantiasa efisien dalam bekerja.

Berikut Contoh Soal TKP Beserta Pembahasan Jawaban


Contoh Soal TKP
Contoh Soal TKP
Contoh Soal TKP
Contoh Soal TKP
Contoh Soal TKP
Contoh Soal TKP
Contoh Soal TKP
Contoh Soal TKP
Contoh Soal TKP
Contoh Soal TKP

Pembahasan Jawaban


Pada Tes Karakteristik Pribadi (TKP) penilaian passing grade nya berbeda dengen subtes SKD lainnya. Seperti TWk dan TIU setiap soal yang di jawab dengan benar diberi nilai 5 dan jika salah nilainya 0. Sedangkan pada tes TKP setiap pilihan jawaban memilki grade nilai masing-masing dari (1,2,3,4,5). Dimana jawaban paling tepat memiliki bobot nilai yang paling besar.

Baik saatnya kita bahas jawaban dari soal di atas.

1. Jawaban: C

Pembahasan:
A. Diam adalah tindakan dalam tingkatan paling rendah. (Skor 3)

B. Menganggap hal yang tidak baik menjadi suatu hal yang sudah wajar, semakin lama akan membuat anda juga terdorong melakukannya. (Skor 1)

C. Menunjukan pribadi yang memiliki prinsip. (Skor 5)

D. Masih ada hal yang perlu dilengkapi sebelum melaporkan, yaitu adanya bukti, karena jika tidak memiliki bukti maka termasuk fitnah. Resiko yang ditanggung adalah terkena pencemaran nama baik. (Skor 4)

E. Mengetahui hal yang tidak baik apalagi terjadi di banyak tempat merupakan tindakan permisif. (Skor 2)

2. Jawaban: B

Pembahasan:
A. Ikut melakukan tindakan tersebut menandakan anda bukan pribadi yang baik. (Skor 1)

B. Menunjukan pribadi yang memiliki prinsip. (Skor 5)

C. Alasan gaji kecil tidak dapat dibenarkan. Uang tambahan yang anda dapatkan berasal dari sumber yang tidak baik. (Skor 2)

D. Terkadang berawal dari solidaritas, anda bisa menyelami atas dasar apa rekan-rekan kerja melakukan itu. Barulah ambil cara agar meninggalkan hal yang tidak baik itu. Namun bukan berarti tindakan ini tanpa resiko jika anda tidak mampu mengendalikan diri, karena anda bisa terjerumus. (Skor 4)

E. Usaha agar tidak melakukan hal tersebut sudah baik, namun kuatkan hati agar tidak tergoda. (Skor 3)

3. Jawaban: D

Pembahasan:
A. Terkadang berawal dari solidaritas, anda bisa menyelami atas dasar apa rekan-rekan kerja melakukan itu. Barulah ambil cara agar meninggalkan hal yang tidak baik itu. Namun bukan berarti tindakan ini tanpa resiko jika anda tidak mampu mengendalikan diri, karena anda bisa terjerumus. (Skor 3)

B. Menganggap hal yang tidak baik menjadi suatu hal yang sudah wajar, semakin lama akan membuat anda juga terdorong melakukannya. (Skor 1)

C. Banyak yang melakukan terkadang bukan menjadi alasan yang baik kita mengikuti tindakan mayoritas tersebut. Mestinya setiap tindakan tetap dipertimbangkan baik dan buruknya, bukan dari banyak atau sedikit pelakunya. (Skor 2)

D. Pegawai yang baik akan selalu menjalankan aturan yang berlaku ditempatnya bekerja. (Skor 5)

E. Menjadi pegawai yang baik memang suatu keharusan, namun hindari mengharapkan pamrih. (Skor 4)

4. Jawaban: A

Pembahasan:
A. Menunjukan anda adalah pribadi yang memiliki prinsip. (Skor 5)

B. Panitia seleksi yang baik tentunya harus mengikuti aturan yang ada, yaitu tidak ada hubungan dengan peserta tes. Hubungan yang terjadi selama proses seleksi apalagi mengarah pada tindakan yang tidak baik maka bisa dipastikan itu hanya penipuan. Anda semestinya bisa berpikir karena pola ini sudah banyak terjadi, dan mengantisipasi hal-hal yang demikian meskipun tidak harus mengalami sendiri. (Skor 1)

C. Berpikir sebelum bertindak sangat dianjurkan dalam hal ini. Pikirkan juga dari resiko tindakan yang akan anda ambil, misalnya ada unsur penipuan dari orang yang menghubungi anda, lilitan hutang karena bantuan dana, atau hidup menjadi tidak tenang. (Skor 2)

D. Jika hal ini adalah tindakan yangbaru bisa anda lakukan saat ini, tidak masalah. Kedepannya pikirkan lagi, jangan sampai niat yang tidak baik mengotori usaha anda. (Skor 4)

E. Apabila tidak bisa memikirkan penyelesaian suatu masalah secara sendiri maka ada baiknya meminta pertimbangan dari orang lain yang dipercaya, tentunya memiliki keahlian di bidang yang anda tanyakan. (Skor 3)

5.Jawaban: B

Pembahasan:
A. Sifat otoriter dalam kepemimpinan tidak akan bisa membuat kepemimpinan anda berlangsung lama. (Skor 2)

B. Sebagai pimpinan proyek, sebaiknya selalu memantau dan mengamati perkembangan pekerjaan sehingga hal-hal yang sekiranya bisa mengganggu hasil pekerjaan maka sudah dapat ditangani sebelum terlanjur terjadi. (Skor 5)

C. Mengabaikan hal yang semestinya menjadi tugas seorang pemimpin adalah tindakan permisif. (Skor 1)

D. Introspeksi ke dalam memang harus dilakukan, namun anda selaku pimpinan tetap yang paling bertanggung jawab dan harus mampu memberikan pertanggungjawaban ke publik. (Skor 4)

E. Setelah melakukan penelusuran dan menemukan anak buah yang melakukan kesalahan, bukan berarti melimpahkan seluruh tanggung jawab ke orang tersebut. Bagaimanapun semua juga turut andil atas kesalahan yang terjadi. (Skor 3)

6. Jawaban: E

Pembahasan:
A. Mengalihkan masalah ke orang lain bukanlah hal yang baik karena bisa menjadi fitnah. (Skor 2)

B. Introspeksi diri perlu dilakukan, namun perlu diingat bahwa yang paling harus bertanggung jawab adalah diri anda karena menjadi yang utama dalam hal tersebut. (Skor 4)

C. Merupakan tindakan yang mengabaikan. Apabila hal ini terus anda lakukan maka tidak akan terjadi perubahan dalam diri anda maupun lingkungan. (Skor 1)

D. Anda tidak bisa mengharapkan orang lain selalu berempati dengan anda. Masing-masing orang pastinya memiliki kesibukan sendiri sehingga mesti melihat situasi dan kondisi sebelumnya, karena apabila tidak mengetahui situasi dan kondisi bisa menjadi fitnah. (Skor 3)

E. Menunjukan bahwa anda paham betul aturan mainnya. (Skor 5)

7. Jawaban: D

Pembahasan:
A. Perlu waktu boleh saja, tapi jika terlalu lama maka akan menunjukan kemampuan adaptasi anda lambat. (Skor 3)

B. Menunjukan anda pasif. (Skor 2)

C. Menunjukan sikap dan tindakan anda sebenarnya egois, dan tidak peduli dengan lingkungan. (Skor 1)

D. Menunjukan bahwa anda memiliki kemampuan adaptasi yang baik. (Skor 5)

E. Menunjukan anda tidak skeptis. (Skor 4)

8. Jawaban: C

Pembahasan:
A. Gelar memang diperoleh dengan cara yang tidak mudah, kehormatan juga perlu dijaga, dan tersinggung adalah hal yang wajar. (Skor 2)

B. Namun perlu diwaspadai karena bisa mengarah ke sifat permisif. (Skor 3)

C. Menunjukan sifat yang bijaksana dan mampu mengendalikan diri dengan baik. (Skor 5)

D. Mengingatkan kekeliruan orang lain memang diperlukan. Namun, pribadi yang mempunyai pengendalian diri yang baik tidak akan menunjukan secara terang-terangan di depan umum. Dirinya akan memilih cara mengungkapkan yang lebih halus. (Skor 1)

E. Kekeliruan tersebut masih bisa diperbaiki dengan cara-cara yang baik sehingga tidak perlu dianggap sebagai masalah besar karena masih tergolong mudah ditangani. (Skor 4)

9. Jawaban: B

Pembahasan:
A. Termasuk sikap yang tidak dapat mengendalikan diri dengan baik. (Skor 2)

B. Menunjukan sikap yang bijaksana, mampu mengendalikan diri dan berpikir jernih. (Skor 5)

C. marah adalah hal yang wajar. Pada saat orang marah maka terkumpullah energi. Energi ini perlu disalurkan, orang dengan pengendalian diri yang baik tentunya akan menyalurkan energi ini ke hal-hal positif seperti olahraga. (Skor 4)

D. Mengambil sedikit waktu untuk menenagkan diri atau berfikir ada baiknya. Namun jangan terlalu lama, tanpa permisi sehingga terkesan lari dari masalah. (Skor 3)

E. Menunjukan sikap yang tidak dapat mengendalikan diri dengan baik. (Skor 1)

10. Jawaban: C

Pemabahasan:
A. Batas waktu sudah sangat jelas artinya pekerjaan yang memiliki batas waktu yang terdekat masuk dalam skala prioritas yang harus dikerjakan terlebih dahulu. (Skor 1)

B. Menunjukan sukap tanggung jawab. (Skor 4)

C. Menunjukan semangat berprestasi. (Skor 5)

D. Batas waktu sudah sangat jelas, sehingga yang harus ditaati adalah mengerjakan semaksimal mungkin sebelum batas waktu yang ditentukan. (Skor 2)

E. Perlu memastikan bahwa teman yang dimintai tolong sedang dalam kondisi luang sehingga tidak merepotkan. (Skor 3)


Perlu di ingat bahwa penilaian  berdasarkan skor yang diperoleh dari setiap jawaban yang kamu pilih setiap soalnya. Untuk soal TKP selanjutnya akan di sampung pada part II ya. Karena tidak memungkinkan jika di bahas semua pada satu artikel.

Selanjutnya: Contoh Soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP) Part II

Baca Juga: 
Cek Formasi CPNS 2019 Pemerintah Pusat, Kabupaten, Kota dan Provinsi
CPNS Resmi Dibuka, Ini Alur Pendaftaran Dan Syarat-syaratnya
Rincian Gaji CPNS 2019, yakin gak mau jadi ASN?

Jangan lupa bagikan artikel ini ya!

Berikan pendapatmu tentang artikel ini

Notification
Ini adalah popup notifikasi.
Done