Pentingnya Vitamin A Bagi Tubuh Beserta Manfaatnya - Cari Aja Disini

Pentingnya Vitamin A Bagi Tubuh Beserta Manfaatnya


Pentingnya Vitamin A Bagi Tubuh Beserta Manfaatnya

Vitamin A merupakan salah satu bagian yang berperan penting dalam perkembangan dan kinerja baebagai organ tubuh seperti mata, kulit, dan sistem kekebalan tubuh. Vitamin A merupakan salah satu jenis vitamin larut dalam lemak yang banyak ditemukan pada daging, hati, produk olahan susu dan telur, buah-buahan, sayuran hijau, dan minyak sawit merah.

Vitamin A terdiri dari 2 jenis yaitu Retinoid yang berasal dari produk hewani dan Beta Karoten yang berasal dari tumbuh-tumbuhan.

Apa manfaat vitamin A bagi kesehatan tubuh?


Vitamin A memiliki beragam manfaat bagi tubuh manusia, antara lain:

1. Mencegah dan mengobati gejala kekurangan vitamin A.
2. Kemungkinan memperlambat perjalanan penyakit mata yang memengaruhi retina.
3. Apabila dikonsumsi dalam jumlah cukup, vitamin A akan membantu penglihatan lebih optimal ketika cahaya sedang
4. Mendukung sistem imunitas tubuh bekerja lebih optimal dalam menghalau infeksi.
5. Menjaga kulit tetap sehat.
6. Salah satu jenis atau turunan dari vitamin A, retinoid dikenal sebagai kandungan dari obat yang diresepkan dokter untuk mengatasi jerawat dan gangguan kulit lain, seperti Obat itu dapat dapat digunakan dengan dioleskan di area tubuh tertentu atau secara oral atau diminum.
7. Vitamin A juga dapat diberikan secara oral untuk sakit campak dan mata kering bagi mereka yang kekurangan vitamin A.
8. Menekan risiko komplikasi penyakit campak.
9. Ada kemungkinan minum vitamin A dapat mengurangi gejala malaria pada anak berusia di bawah 3 tahun, terutama bagi anak yang hidup di daerah yang terjangkit penyakit tersebut.
10. Vitamin A yang dikonsumsi bersama obat-obatan lain yang telah diresepkan dokter, kemungkinan dapat menurunkan risiko kematian akibat diare pada anak-anak dengan HIV.
11. Penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi vitamin A dapat mengobati lesi prakanker yang terjadi di mulut.
12. Wanita usia premenopause yang berisiko kanker payudara pun dapat menurunkan risikonya dengan mengonsumsi vitamin A.
13. Membantu upaya mengurangi risiko rabun senja dan kematian pada wanita hamil dengan gizi buruk.

Akibat jika kekurangan vitamin A


Kekurangan vitamin A dapat disebabkan oleh gizi yang tidak seimbang, malabsorpsi lemak, atau gangguan hati. Defisiensi vitamin A akan melemahkan sistem imun dan produksi sel darah merah (hematopoiesis), menyebabkan ruam kulit, dan gangguan penglihatan (contohnya xerophthalmia, rabun malam). Gangguan tersebut dapat terjadi pada anak dan orang dewasa.

Baca Juga:
Manfaat Vitamin B Kompleks Bagi Kesehatan Tubuh Manusia
Cara Mengobati Asam Lambung Secara Alami
Bahaya Tidur Di Pagi Hari Bagi Kesehatan Tubuh
Penyebab Badan Mudah Ngantuk dan Lemas

Penuhi kebutuhan vitamin A dengan benar


Kandungan vitamin A dapat ditemukan pada hati, ikan, yogurt, susu, keju, telur, mentega rendah lemak, susu rendah lemak dan sereal yang sudah difortifikasi atau diberi tambahan vitamin A. Perlu diperhatikan, meskipun hati adalah salah satu sumber makanan yang kaya akan manfaat vitamin A, namun konsumsinya harus dibatasi, yaitu tidak lebih dari satu kali per minggu. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah tubuh kelebihan asupan vitamin A.

wortel juga merupakan salah satu sumber vitamin A yang populer dalam masyarakat. Namun, sebenarnya masih banyak sayur-sayuran lain sumber vitamin A seperti bayam, ubi dan paprika merah. Selain itu, buah-buahan terutama yang berwarna kuning, seperti mangga dan pepaya juga merupakan sumber vitamin A yang baik.

Kecukupan asupan vitamin A dapat diperoleh dari beragam makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari. Untuk orang dewasa, mengonsumsi sayur dan buah sebanyak 5 porsi per hari, dapat memenuhi hingga 65% dari total kebutuhan vitamin A.

Laki-laki dewasa membutuhkan sekitar 900 mikrogram per hari, sementara wanita dewasa memerlukan sekitar 700 mikrogram per hari. Kebutuhan akan meningkat ketika seorang wanita hamil dan menyusui. Untuk wanita hamil diatas usia 19 tahun, vitamin A yang direkomendasikan per hari adalah 770 mikrogram dan untuk ibu menyusui sekitar 1.300 mikrogram.

Untuk anak-anak, kebutuhan vitamin A disesuaikan dengan usia. Anak 1-3 tahun, konsumsi yang direkomendasikan sekitar 300 mikrogram per hari, 4-8 tahun sekitar 400 mikrogram per hari dan 9-13 tahun sekitar 600 mikrogram per hari.

Kesimpulan


Vitamin A sangat berperan penting bagi tubuh, sehingga diperlukan untuk menjaga pola makan sehat dan seimbang, yang memiliki unsur nutrisi dan gizi yang cukup. Jangan sembarangan mengonsumsi suplemen tambahan tanpa tahu dosis yang benar, termasuk vitamin A. Kebutuhan akan manfaat vitamin A umumnya dapat tercukupi melalui pola makan seimbang. Selalu konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu mengenai perlu atau tidaknya mengonsumsi suplemen tambahan vitamin A.

Jangan lupa bagikan artikel ini ya!

Berikan pendapatmu tentang artikel ini
Notification
Ini adalah popup notifikasi.
Done