Manfaat Vitamin B Kompleks Bagi Kesehatan Tubuh Manusia - Cari Aja Disini

Manfaat Vitamin B Kompleks Bagi Kesehatan Tubuh Manusia


Manfaat Vitamin B Kompleks Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Tubuh manusia sejatinya membutuhkan vitamin untuk menjaga keseimbangan dan daya tahan tubuh, sehingga vitamin memiliki peranan penting selain dari karbohidrat, protein dan lemak. Setiap vitamin memiliki manfaat dan peranannya masing-masing, contohnya seperti Vitamin A yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, Vitamin C menjaga daya tahan tubuh, Vitamin E menjaga kesehatan kulit.

Manfaat Vitamin B Kompleks

Vitamin B memegang peranan penting bagi tubuh guna membantu pertumbuhan, perkembangan serta fungsi tubuh lainnya. Vitamin B kompleks merupakan sebutan dari 8 (Delapan) jenis vitamin B, diantaranya adalah:

1. Vitamin B1

Vitamin B1 atau Thiamine berperan untuk menjaga kesehatan sistem saraf manusia. Selain itu kegunaan lainnya adalah membantu mengubah makanan menjadi energi.

Untuk mendapatkan sumber Vitamin B1 dapat mengonsumsi bebrapa makan di antaranya daging sapi, telur, roti, susu dan biji-bijian seperti kacang polong. Perlu diketahui untuk mencukupi kebutuhan Vitamin B1 tubuh memerlukan 0.8 mg untuk wanita dan 1 mg untuk pri.

2. Vitamin B2

Vitamin B2 (Riboflavin) bermanfaat untuk mejaga kesehatan mata  dan kulit, membantu mencerna karbohidrat, protein dan lemak yang masuk kedalam tubuh. Kebutuhan tubuh terhadap Vitamin B2 sebesar 1.1 mg untuk wanita dan 1.3 mg untuk pria.

Untuk mencukupi kebutuhan akan Vitamin B2 dapat mengonsumsi makanan seperti ikan, telur dan susu.

3. Vitamin B3

Vitamin B3 atau Niacin berperan untuk menjaga sistem saraf agar tetap bekerja dengan baik, menjaga kesehatan kulit serta mengubah makanan menjadi energi.

Kebutuhan Vitamin B3 untuk tubuh adalah 1.3 mg untuk wanita dan 1.7 mg untuk pria per hari. Sumber vitamin B3 bisa didapatkan pada susu, ikan, daging sapi, telur dan kacang-kacangan.

4. Vitamin B5

Disebut juga Pantothenic Acid yang berperan dalam produksi hormon manusia. Kebutuhan Vitamin B5 dapat dipenuhi dengan mengonsumsi makanan seperti daging sapi, tomat, telur, brokol, daging ayam dan nasi merah.

5. Vitamin B6

Vitamin B6 atau Pyridoxin membantu dalam pembentukan Hemoglobin yang mengedarkan oksigen kedalam darah keseluruh tubuh serta mengubah karbohidrat dan protein menjadi energi. Vitamin B6 bida di dapatkan melalui kacang, susu, kentang, ikan, daging ayam, dan pisang. Tubuh perharinya setidaknya membutuhkan 1.2 mg untuk wanita dan 1.4 untuk pria.

6. Vitamin B7

Vitamin B7 atau Biotin memiliki peran penting dalam memecah lemak dan karbohidrat menjadi asam lemak dan glukosa untuk di jadikan energi bagi tubuh manusia. Vitamin B7 dapat dipenuhi dengan mengonsumsi makanan seperti pisang, ikan salmon, wortel, sereal, hati dan kembang kol.

7. Vitamin B9

Vitamin B9 atau Follic Acid berperan memproduksi sel darah merah serta membantu tubuh membuat serta menjaga DNA. Mengonsumsi B9 pada ibu hamil dapat menurunkan resiko bayi di dalam kandungan mengalami kecacatan sistem saraf pusat, seperti Spina Bifida.

Vitamin B9 bisa ditemukan pada makanan seperti brokoli, kacang polong, asparagus, bayam dan sereal.

8. Vitamin B12

Vitamin B12 atau Cobalamin penting dalam produksi sel darah merah, memproses vitamin B9, mengubah makanan menjadi energi, serta menjaga saraf tubuh agar tetap sehat. Vitamin B12 bisa didapat dengan mengonsumsi makanan seperti salmon, daging, susu, keju dan telur.

Baca Juga:
Cara Mengobati Asam Lambung Secara Alami
Penyebab Badan Mudah Ngantuk dan Lemas
10 Cara Menghindari Dampak Buruk Radiasi Ponsel
Bahaya Tidur Pagi Untuk Kesehatan Tubuh

Dampak Kekurangan Vitamin B

Jika tubuh kekurangan atau tidak mendapatkan asupan vitamin B dapat mengakibatkan gangguan keseimbangan tubuh yang akan menyebabkan beberapa penyakit seperti Anemia, Penyakit Beri-beri, Kram Otot, Kulit Kering, Mudah Lelah, Nafsu makan terganggu, Depresi, Kekebalan tubuh menurun.

Kesimpulan

Untuk menjaga vitamin B pada tubuh secara maksimal, disarankan untuk menjalani pola hidup sehat, mengonsumsi makanan yang bergizi, mengandung vitamin dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan tubuh. Namun untuk diketahui mengonsumsi vitamin B harus sesuai dengan takaran dan dosis yang ditentukan, karena jika berlebihan vitamin pun dapat menimbulkan dampak negatif.

Jangan lupa bagikan artikel ini ya!

Berikan pendapatmu tentang artikel ini
Notification
Ini adalah popup notifikasi.
Done