14 Manfaat Vitamin E Bagi Kesehatan Beserta Penjelasannya - Cari Aja Disini

14 Manfaat Vitamin E Bagi Kesehatan Beserta Penjelasannya


manfaat vitamin e bagi kesehatan

Vitamin E adalah jenis vitamin yang larut dalam lemak dan mempunyai efek antioksidan. Manfaatnya sangat beragam, mulai dari menjaga daya tahan tubuh, pertumbuhan sel, kesehatan mata, hingga kesehatan kulit. Vitamin E merupakan salah satu jenis vitamin yang kerap digunakan untuk merawat kesehatan kulit. Selain itu, vitamin E juga merupakan nutrisi penting yang bisa menunjang kinerja dari banyak organ tubuh. Zat ini juga mempunyai efek antioksidan yang bisa memperlambat sel-sel tubuh dari kerusakan.

Manfaat Vitamin E Bagi Kesehatan Tubuh Dan Kulit


1. Memperbaiki Kulit

Manfaat vitamin E untuk kulit yaitu mulai dari mengurangi peradangan, membantu pembentukan kolagen, hingga meningkatkan kelembapan dan elastisitas kulit. Manfaat ini didapat karena vitamin E yang dikonsumsi akan diserap oleh lapisan epidermis kulit dan digunakan untuk memperbaiki kulit yang mengalami kerusakan. Ini dibuktikan oleh sebuah studi yang menyebutkan bahwa vitamin E dapat mengurangi peradangan (baik yang terjadi di dalam tubuh atau kulit), sehingga membuat kulit lebih sehat dan awet muda. Sifat antioksidan yang ada pada vitamin E juga dianggap dapat mempercepat regenerasi kulit, mencegah kerusakan kulit, dan melindungi dari kanker kulit.

2. Mencegah Rambut Rontok

Salah satu manfaat vitamin E adalah berguna untuk mencegah kerontokan rambut. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan vitamin E yang mencegah oxidative stress pada kulit kepala. Oxidative stress kerap dikaitkan dengan masalah kerontokan rambut.

3. Melancarkan Peredaran Darah Pada Kulit Kepala

Manfaat vitamin E lanjutannya adalah menstimulasi peredaran darah di kulit kepala agar lebih lancar. Kondisi demikian tentu akan menjadikan sel-sel kulit kepala lebih banyak menerima oksigen sehingga kesehatannya terjaga. Selain itu, peredaran darah yang lancar juga menstimulasi pertumbuhan folikel rambut yang lebih sehat. Jadi, jangan heran jika rambut Anda menjadi lebih lebat dan sehat.

4. Menyeimbangkan Produksi Sebum

Minyak berlebih pada kulit kepala ternyata juga memicu sejumlah masalah. Tidak hanya membuat rambut lepek, minyak berlebih juga menyumbat pori-pori kulit kepala atau bahkan memicu jamur.

Kendati demikian, hal tersebut dapat diatasi dengan menggunakan vitamin E. Vitamin E dapat menyerap kelebihan minyak tanpa menjadikan kulit kepala terasa kering. Tidak heran jika manfaat vitamin E disebut memiliki peran aktif dalam menjaga kelembapan kulit kepala

5. Menjaga Kadar Hormon

Manfaat vitamin E lainnya adalah untuk keseimbangan sistem endokrin dan saraf karena mampu menyeimbangkan sistem hormon. Beberapa gejala hormon yang tidak seimbang antara lain kenaikan berat badan, infeksi saluran kemih, sakit perut akibat menstruasi, hingga alergi dan kecemasan berlebih.

6. Menebalkan Rambut

Sifat antioksidan pada vitamin E dapat melancarkan sirkulasi darah ke semua bagian di kepala hingga kulit kepala. Itu sebabnya vitamin E dapat menstimulasi pertumbuhan rambut, memperbaiki struktur pada rambut (folikel), dan mencegah rambut rontok. Selain itu, vitamin E juga dapat memperbaiki jaringan rambut, sehingga rambut menjadi lebih berkilau dan lebih sehat.

7. Mengatasi Diabetes

Vitamin E juga dapat digunakan untuk membantu mengatasi diabetes dan komplikasinya. Selain itu, vitamin E dapat digunakan untuk mencegah terjadinya kanker (antioksidan), terutama kanker paru-paru dan kanker mulut pada perokok, kanker usus besar, polip usus besar, kanker prostat, kanker pankreas dan kanker lambung.

Sejumlah penelitian mengungkapkan, manfaat vitamin E yang bisa didapatkan tubuh karena kandungan antioksidannya. Selain itu, antioksidannya dipercaya mampu melindungi kulit dari kerusakan yang ditimbulkan oleh radikal bebas.

8. Mencegah Kulit Terbakar

Sebuah penelitian mengungkapkan, manfaat vitamin E dapat mencegah dan mengurangi kulit terbakar akibat sengatan matahari. Fungsi vitamin E ini dipercaya dapat melembapkan dan membantu meredakan rasa terbakar dan gatal yang diakibatkan oleh sengatan matahari.

9. Menjaga Kesehatan Kuku

Apakah kuku kamu berwarna kuning, mengelupas dan disertai retak-retak? Jika iya, sepertinya kamu harus banyak mengonsumsi vitamin E atau menggunakan pelembap yang mengandung vitamin E. Cara ini berguna untuk mencegah kutikula kuku retak dan kulit kering di sekitar kuku.

10. Menyeimbangkan Hormon

Ketidakseimbangan hormon tak jarang memengaruhi kondisi fisik dan psikis seseorang. Misalkan saat sindrom PMS terjadi, beberapa wanita akan merasakan kram perut, nyeri payudara, hingga perubahan mood. Untuk mengakalinya, kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E seperti sayur dan buah. Sebab, vitamin E diduga dapat menjaga keseimbangan sistem endokrin dan saraf yang mampu menyeimbangkan sistem hormon dalam tubuh.

11. Menjaga Ketahanan Tubuh

Vitamin E juga dapat digunakan untuk meningkatkan ketahanan fisik. Sebab, vitamin E dapat meningkatkan energi dan mengurangi tingkat stres pada otot setelah berolahraga. Selain itu, vitamin E juga dapat meningkatkan sirkulasi darah, memperkuat dinding kapiler darah, dan menyehatkan sel-sel otot, sehingga kekuatan otot lebih terjaga.

12. Memperbaiki Kualitas Sperma

Fungsi vitamin E yang bisa didapatkan khususnya bagi pria adalah kemampuannya meningkatkan kualitas sperma yang rusak akibal radikal bebas. Penelitian menunjukkan bahwa pemberian suplemen yang mengandung selenium, vitamin E, dan vitamin C dapat memperbaiki kualitas dan pergerakan sperma.

13. Mengurangi Efek Samping Obat-obatan

Jika kamu mengalami efek samping dari penggunaan obat-obatan seperti dialisis dan radiasi, konsumsi vitamin E dipercaya mengurangi efek samping dari kedua obat itu. Selain itu, mengonsumsi vitamin E sebelum dan setelah melakukan kemoterapi dengan cisplatin diduga dapat mengurangi risiko terjadinya kerusakan saraf.

14. Mengatasi Garis Halus Dan Kerutan Kulit

Kulit kering cenderung terlihat lebih kusut daripada kulit yang lembap. Untuk mengatasi hal ini, manfaat pelembap dari minyak vitamin E dapat membantu kulit terlihat lebih muda dan lebih sedikit berkerut. Meski begitu, klaim ini tidak dapat dibuktikan secara ilmiah.

Baca Juga:
16 Manfaat Vitamin C Bagi Kesehatan Tubuh dan Kecantikan Kulit
Manfaat Vitamin B Kompleks Bagi Kesehatan Tubuh
Pentingnya Vitamin A Bagi Tubuh Beserta Manfaatnya
Cara Mengobati Asam Lambung Secara Alami

Akibat Kekurangan Vitamin E


Jika kamu kekurangan vitamin E, kamu akan mengalami pelemahan otot, masalah penglihatan seperti kebutaan, aritmia jantung (gangguan detak jantung atau irama jantung) dan demensia. Seringkali kekurangan vitamin E ini dianggap bisa menyebabkan kerusakan saraf dan otot yang mengakibatkan Anda tidak bisa ‘merasakan’ lengan dan kaki, kehilangan kontrol gerak tubuh, dan sistem kekebalan tubuh yang melemah.

Untuk kamu yang sedang hamil, kekurangan vitamin E ini bisa menyebabkan keguguran, penelitian yang telah dipublikasikan di Journal American Journal of Clinical Nutrition ini menemukan bahwa wanita yang mengalami kekurangan vitamin E lebih rentan mengalami keguguran.

Penelitian yang dilakukan oleh Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health ini telah menemukan bahwa keguguran bisa terjadi karena kekurangan vitamin E ini ditemukan di negara berkembang yang mayoritas penduduknya memiliki ekonomi menengah ke bawah dan mengalami kesulitan untuk mengakses kesehatan di negaranya.

Bila janin kekurangan vitamin E dari asupan makanan ibu, kondisi ini bisa menyebabkan dirinya lahir cacat akibat nutrisi penting yang dibutuhkan tidak terpenuhi. Vitamin E ini penting untuk membantu organ tubuh menjalankan fungsinya dengan tepat.

Memenuhi Kebutuhan Vitamin E


Sifat vitamin E yang menyerap lemak, membuatnya lebih maksimal saat dikonsumsi dengan makanan. Ada banyak makanan yang bisa membantu memenuhi kebutuhan vitamin E seperti telur, daging ayam, kacang, alpukat, biji bunga matahari, minyak sayur, sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam, hingga sereal yang sudah diperkaya.

Sebaiknya, vitamin E dikonsumsi secukupnya sesuai kebutuhan tubuh. Pasalnya, jika vitamin ini, baik yang sintetis (suplemen makanan) maupun yang alami, dikonsumsi berlebih dalam jangka waktu lama, akan menyebabkan risiko overdosis. Overdosis vitamin E dapat mengakibatkan mual, sakit kepala, pendarahan, rasa lelah, bahkan gagal ginjal. Pola makan yang seimbang dengan buah, sayur, dan biji-bijian seharusnya cukup memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin E. Sementara itu, suplemen vitamin E seharusnya hanya bersifat sebagai tambahan dan dikonsultasikan terlebih dahulu penggunaannya pada dokter.

Untuk konsumsi harian, vitamin E memiliki kadar aman yang berbeda bagi setiap kelompok umur. Pada anak berusia 1-4 tahun, jumlah yang diperbolehkan adalah 6-7 mg/hari atau 9-10.4 IU. Sementara pada anak-anak berusia lebih dewasa, konsumsi dengan takaran 11 mg/hari. Bagi wanita dan pria (usia 14 tahun keatas) dan wanita hamil, jumlah vitamin E yang dibutuhkan setiap harinya adalah 15 mg.

Jangan lupa bagikan artikel ini ya!

Berikan pendapatmu tentang artikel ini
Notification
Ini adalah popup notifikasi.
Done