Mudah Ngantuk Dan Lemas, Ini Penyebabnya - Cari Aja Disini

Mudah Ngantuk Dan Lemas, Ini Penyebabnya


penyebab mudah ngantuk dan lemas

Ngantuk adalah sebuah reaksi tubuh yang wajar, namun jika sering ngantuk dan lemas setiap hari mungkin ada gejala yang harus cepat di antisipasi. Rasa ngantuk sendiri merupakan reaksi alami tubuh sebagai isyarat bahwa tubuh lelah dan butuh istirahat, untuk menghilangkan ngantuk adalah dengan tidur yang cukup.

Baca juga: Bahaya tidur pagi bagi kesehatan

Waktu tidur yang cukup di malam hari adalah 7-8 jam setiap hari, namun terkadang seseorang sudah tidur selama 8 jam lebih tetap merasa ngantuk si siang hari. Salah satu gangguan tidur pada waktu yang tidak tepat disebut narkolepsi, yaitu bentuk gangguan tidur yang di awali dengan rasa kantuk yang tak tertahankan pada siang hari. Kondisi ini berlanjut mengantuk dan tidur secara tiba-tiba tanpa mengenal waktu dan tempat.

Penyebab mudah ngantuk dan lemas

1. Sering Begadang

Penyebab ngantuk itu sendiri adalah pola hidup yang berubah, yang paling sering terjadi adalah waktu tidur yang tidak cukup. Biasanya kurangnya waktu tidur yang cukup disebabkan karena sering begadang. Begadang untuk hal yang tidak perlu sebaiknya jangan di lakukan, karena tubuh dan otak manusia membutuhkan waktu yang cukup untuk bekerja dengan baik kembali.

2. Insomnia

Kemudian mengalami gangguan tidur Insomnia, hal ini menyebabkan pola tidur terganggu, karena tubuh tidak merasakan kantuk di malam hari.

3. Sleep Apnea

Gangguan tidur ini terjadi ketika dinding tenggorokan yang menjadi rileks saat tidur sehingga menghambat sebagian atau seluruh saluran udar. Mendengkur mengantuk di siang hari, terbangun dengan mulut kering atau tenggorokan yang sakit merupakan gejala dari kondisi ini.

4. Dehidrasi

Dehidrasi timbul karena tubuh banyak kehilangan cairan, hal ini sering terjadi setelah melakukan olahraga. Kondisi ini biasanya kan menyebabkan lelah dan rasa ngantuk.

5. Anemia

Anmeia merupakan penyebab utama rasa kantuk sering datang, kekurangan darah menyebabkan kurangnya zat besi, sel darah merah yang di perlukan untuk membawa oksigen keseluruh jaringan tubuh, akibatnya tubuh kehilangan tenaga sehingga badan terasa lemas dan mudah ngantuk.

6. Depresi

Depresi merupakan gangguan emosi yang berpengaruh besar terhadap kebugaran tubuh. Hal ini menyebabkan kehilangan nafsu makan, badan mudah lemas, dan mengantuk.

7. Makan Terlalu Banyak

Makan ternyata dapat menyebabkan rasa ngantuk, penyebabnya adalah tubuh memerlukan energi untuk memproses makanan, hal ini biasanya terjadi jika makan terlalu banyak.

8. Kurang Olahraga


Olahraga merupakan cara untuk menjaga kebugaran tubuh, namun tubuh akan kekurangan energi dan mengakibatkan mudah ngantuk jika kurangnya berolahraga. Lakukanlah olahraga minimal 3 kali dalam seminggu. Untuk menjaga kebugaran tubuh.

Jangan lupa bagikan artikel ini ya!

Berikan pendapatmu tentang artikel ini

Notification
Ini adalah popup notifikasi.
Done