Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca - Cari Aja Disini

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca


Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca

Bagi kamu yang mengalami flashdisk yang tidak terbaca tentunya hal ini sangat menyebalkan ya, tetunya sangat kesal jika harus membeli flashdisk baru karena data yang dibutuhkan ada di flashdisk yang lama.

Penyebab flashdisk tidak terbaca

Ada beberapa faktor yang menyebabkan flashdisk tidak terbaca, antara lain adalah karena secara fisik flashdisk mengalami kerusakan faktor umur biasanya, asal main cabut-colok ke perangkat komputer satu dengan lainnya tanpa adanya Eject/Removable Disk terlebih dahulu.

Kerusakan pada port USB, Terdapat masalah pada hardware driver USB komputer dan membeli produk tidak original dari sebuah flashdisk atau flashdisk abal-abal, Termasuk kedalam hal menyebabkan flashdisk tidak terbaca.

Lalu bagaiaman cara mengatasi flashdisk yang tidak terbaca? ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan.

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca 1



Cara paling pertama untuk mengatasi flashdisk yang tidak terbaca adalah mengecek kerusakan, tujuannya untuk mengetahui penyebab flashdisk tidak terbaca itu apakah karena komputernya yang memiliki masalah atau flashdisknya bermasalah. Hal yang harus dilakukan adalah mencoba flashdisk di perangkat komputer lain atau bisa sebaliknya, mencoba flashdisk lain di komputer kamu.

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca 2


Cara Kedua yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi flashdisk yang tidak terbaca adalah coba memamasang dan mencabut kembali flashdisk kamu, lakukan berulang-ulang sampai flashdisk bisa terbaca. Atau bisa sedikit di tekan atau di goyangkan sedikit flashdisk kamu, mungkin saja port USB kamu sudah kendor.

Baca juga: Cara Yang Benar Format Flashdisk Rusak

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca Dengan CMD



1. Buka Command Prompt, caranya tekan tombol pada keyboard "Logo Windows + R"

2. Lalu ketikan "cmd" kemudian pilih OK

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca

3. Pastikan kamu sudah memasang flashdiskpada komputer

4. Masukan kode huruf direktori flashdisk kamu, bisa kamu lihat di file explorer. Apakah berapa direktori (E:) atau (G:) atau bisa yang lain.

5. Misalnya flashdisk kamu berapa di direktori (E:), maka ketik di Command Prompt " E: "

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca

6. Lalu kamu akan secara otomatis masuk kedirektorinya, kemudian ketik " chkdsk/E ". Huruf E disini adalah alamat direktori flashdisk

7. Lalu jika muncul Y/T, Pilih

8. Selanjutnya akan ada pilihan restart, pilih yes

Baca Juga: Cara Mengatasi Flashdisk Terserang Virus Shortcut

Nah itu tadi beberapa cara mengatasi flashdisk tidak terbaca, semoga dapat membatu mengatasi flashdisk yang tidak dapat terbaca. Jika kamu memiliki kesulitan atau pertanyaan silahkan tinggalkan komentar di bawah ya.

Jangan lupa bagikan artikel ini ya!

Berikan pendapatmu tentang artikel ini

Notification
Ini adalah popup notifikasi.
Done